Jasa Hobbing Murah
Bagi Anda yang sudah familiar terkait dunia perindustrian, Anda mungkin sudah mengetahui apa itu hobbing. Namun, bagi Anda yang kurang familiar, tampaknya Anda belum mengetahui bahkan belum pernah mendengar istilah hobbing.
Istilah hobbing sangat erat kaitannya dengan gear atau roda gigi. Ya, Hobbing dapat dikatakan sebagai proses untuk pembuatan gigi pada gear.
Adapun mesin yang digunakan untuk proses hobbing dikenal dengan sebutan hobber. Mesin ini berfungsi sebagai alat pemotong (cutting tool) dalam proses pembuatan gear. Dengan mesin hobber, pembuatan gigi pada gear dapat dikerjakan dengan cepat dan akurat.
Selain itu, mesin hobber juga dapat digunakan untuk pemotongan splines dan membuat sprocket. Namun, memang kebanyakan mesin hobber dimanfaatkan untuk pemotong gigi dalam proses pembuatan gear.
Sebenarnya proses hobbing dapat dilakukan dengan mesin lainnya, seperti mesin machining center dan mesin grinding. Namun, mesin hobber lebih direkomendasikan karena selain proses pengerjaannya cepat dan akurat, mesin ini juga lebih ekonomis.

enis Gear yang Diproses Dengan Cara Hobbing
Ada sejumlah gear yang biasanya diproses dengan cara hobbing. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini!

  1. Spur Gear
    Seperti kita ketahui bersama, spur gear adalah jenis gear yang paling sederhana. Jenis hear ini terdiri dari silinder dan gigi yang memproyeksikan radial. Kendati mereka tidak lurus, tepi di setiap gigi sejajar dengan sumbu rotasi.
  2. Helical Gear
    Anda yang berkecimpung di dunia industri mestinya mengetahui helical gear. Ya, banyak alat-alat atau mesin industri yang membutuhkan jenis gear ini.
    Helical gear memiliki bentuk gigi yang menyilang miring terhadap sumbu gear. Nah, tingkat kemiringan tersebut bisa diatur melalui proses hobbing dengan bantuan mesin hobber.
  3. Bevel Gear
    Bevel gear memiliki bentuk seperti payung atau kerucut yang terpotong dengan gigi-gigi di permukaan. Saat dua roda gigi bevel gear bersinggungan, titik ujung kerucut akan berada pada satu titik sehingga menimbulkan aksis poror yang berpotongan.
    Sebenarnya masih banyak jenis gear yang biasanya diproduksi dengan proses hobbing. Dengan cara ini, proses pembuatan gigi pada gear dapat dikerjakan dengan cepat dan sesuai dengan desain yang ada.

jasa hobbing